Minggu, 06 November 2011

Resensi Buku "Laut Dan Samudra"

| Minggu, 06 November 2011 | 0 komentar

"RESENSI BUKU"
Judul asli                     : Seas and Oceans
Judul Indonesia           : Laut dan Samudera
Pengarang                   : Felicity Brooks
Penerbit (asli)              : Usborne Publising, Ltd
Penerbit (Indonesia)    : PAKAR RAYA(Pakarnya Pustaka)
Alih Bahasa                 : Drs. Wasi Dewanto
Dicetak oleh                : PT Intan Sejati
Cetakan pertama         : Tahun 2004
Harga                          : Rp. 25.000,00
Halaman                      : 36 Halaman
ISBN                           : 0 7460 0987 9

MENGENAL LEBIH DALAM TENTANG SAMUDRA
Oleh Khoirudin

Apakah Anda tahu tentang laut dan samudra? Kalau belum, marilah kita membacaya. Jika sudah tahu, Anda akan lebih mengetahuinya. Laut dan samudra meliputi 71% dari permukaan bumi atau lebih dari dua per tiganya. Ada 5 samudra di dunia, yaitu Samudra Pasifik, Atlantik, Hindia, Arktika,, dan selatan atau Antartika.  Diperkirakan bahwa benua-benua dahulu bergabung menjadi suatu massa daratan yang oleh para ilmuan disebut sebagai Pangaea yang dikelilingi oleh satu samudra yang mereka sebut Panthalossa. Benua-benua tersebut kemudian sedikit demi sedikit berpisah dan samudra-samudra baru terbentuk.

            Eksplorasi bawah air dilakukan oleh orang-orang yang bekerja di bawah laut. Pekerjaan itu sungguh berbahaya. Banyak masalah yang dihadapi, seperti dinginnya dan gelapnya samudra. Mereka menggunaka berbagai peralatan untuk melakukannya yaitu dengan peralatan SCUBA, tabung udara, dan kapal selam.  Salah satu yang mereka lakukan adalah memetakan dasar samudra.

            Arus adalah sekumpulan air yang mengalir di dalam samudra. Arus mempengaruhi dan membantu mengatur iklim. Arus terdapat di permukaan dan di samudra dalam. Perubahan ketinggian laut terjadi beberapa tahun, tetapi sebagian terjadi setiap hari dan dikenal sebagai pasang. Pasang terutama disebabkan oleh bulan.

            Kehidupan di dalam samudra terdapat banyak sekali jenis binatang dan tanaman. Paus dan hiu adalah contohnya. Samudra menyimpan 97% air di dunia dan memiliki pengaruh besar terhadap cuaca dan iklim. Siklus hidrologi merupakan salah satunya. Pergerakan air yang terus menerus di antara laut, udara, dan daratan. Hampir 75% panas bumi dari Matahari tersimpan di samudra.

            Kebanyakan gelombang terbentuk karena adanya angin yang tertiup melewati permukaan laut. Ukuran dan kekuatan gelombang tergantung pada kecepatan, lamanya, dan jarak angin yang berhembus di atas laut. Tidak seperti arus dan pasang, gelombang di samudra terbuka tidak memindahkan air. Gelombang hanya berjalan, tetapi airnya tidak. Gelombang yang datang membawa material pantai, seperti kerikil, batuan kecil, dan pasir ke pantai serta mengendapkannya sehingga lama-lama akan menambah pantai dan menampakkan sebagian pesisir lainnya.

            Laut dan samudra telah menjadi sumber makanan bagi manusia selama ribuan tahun yang lalu. Tetapi kemajuan teknologi telah digunakan untuk usaha penangkapan ikan yang berlebihan sehingga akan memusnahkan makhluk hidup yang dapat berkembang biak dan mengancam jaring makanan yang ada. Laut juga merupakan sumber energi dunia, karena hampir dua per tiga minyak dan gas alam diambil dari bawah laut atau bawah tanah. Laut dan samudra bisa menyediakan sumber makanan dan sumber energi yang terus-menerus untuk manusia, jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Tetapi jika tidak bertindak melindungi samudra sejak sekarang, lebih banyak makhluk hidup yang akan punah dan keuntungan potensial bisa punah selamanya. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan membuat suaka laut.
           
Buku Laut dan Samudra akan memberikan informasi dan pengetahuan tentang lingkungan serta menjelaskan bagaimana terbentuknya samudra, penyebab timbulnya gelombang, air pasang dan arus samudra, terbentuknya daratan oleh laut dan cara kita memperdayakan laut beserta akibat yang menyertainya. Di buku ini juga dituliskan cara-cara untuk menyelamatkan laut dan makhluk hidup yang berada di dalamnya.
                       Menurut saya, isi buku ini bagus karena dapat menambah pengetahuan kita dan di sini diberikan contoh-contoh kejadian yang dapat mendukung sebuah pokok pembicaraan pada setiap bab. Ilusrasi-ilustrasi di buku ini sangat membantu karena  diberikannya gambar-gambar yang menarik untuk dicermati, sehingga kita sebagai pembaca menjadi tidak bosan dan kita dapat memahami isi buku dengan lebih jelas. Selain ilustrasi, bahasa di buku ini juga baik. Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang baku atau formal, sehingga memudahkan bagi pembaca dalam memahami buku.
                       Saya berpendapat bahwa buku ini bagus dan menarik. Jika dilihat dengan sekilas, kita akan tertarik untuk membaca buku ini. Cover buku ini dihiasi gambar-gambar yang menarik dan mewakili atau menunjukkan isi buku yang terkandung. Buku ini tidak terlalu tebal dan kertas yang digunakan lebih tebal dari kertas buku biasanya sehingga tidak mudah robek. Si Penulis yaitu Felicity Brooks sangatlah pintar karena bisa mengarang buku yang bagus ini. Saya menyarankan agar dilampirkannya riwayat hidup si Penulis, sehingga kita tidak bisa mengenal lebih dekat tentangnya. Tetapi Secara keseluruhan, buku ini bagus dan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan bagi pembacanya.
Oleh Khoirudin -Ckhoirlado-

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com